Waspadai Leptospirosis

Oleh: HENDRA SUGIANTORO
Dimuat di Jagongan HARIAN JOGJA, Jum'at, 3 Februari 2012

Begitu ragamnya nama penyakit. Kita kerap terkejut atau mungkin terpana mendengar nama-nama penyakit. Salah satu penyakit itu adalah leptospirosis. Jika kita mengenal penyakit pes akibat tikus, penyakit leptospirosis juga diakibatkan oleh tikus.

Leptospirosis diakibatkan bakteri leptospirosa yang disebarkan melalui tikus. Fita Yulia (2010) memaparkan bahwa memberantas tikus merupakan langkah penting mengatasi penyakit ini. Leptospirosis berasal dari bakteri yang dibawa pada urine tikus. Dihimbaunya agar warga bisa memutus akses tikus di rumah. Selain itu, warga yang akan beraktivitas ke sawah perlu memakai alat pelindung diri seperti sarung tangan serta cuci tangan dengan air mengalir. Agar bakteri tidak berkembang biak, di lingkungan perumahan juga diusahakan tidak ada tempat becek karena bakteri bisa berkembang biak di tempat becek selama 30 hari (Harian Jogja, 18/3/2010).

Adanya penyakit leptospirosis tentu perlu diwaspadai. Masyarakat jelas harus diberi informasi perihal leptospirosis ini. Penyemprotan untuk mematikan bakteri yang sebabkan leptospirosis bisa dilakukan. Wallahu a’lam.
HENDRA SUGIANTORO
Universitas PGRI Yogyakarta

0 komentar: