Makan Pisang, Mau?

Oleh: HENDRA SUGIANTORO
Dimuat di Jagongan HARIAN JOGJA,Senin 7 Maret 2011

Buah menyehatkan memang benar. Begitu banyak buah bisa kita makan, salah satunya adalah pisang. Siapa tak tahu pisang? Pisang adalah jenis buah yang tak sulit ditemukan. Setiap saat selalu tersedia pisang di pasar atau warung penjual makanan. Bahkan, di antara kita ada yang menanam pohon pisang di kebun rumah.

Bagi kita yang sedang sakit, pisang kadang digunakan untuk memasukkan obat ke tubuh. Jika penyakit hilang, itu memang guna pisang sebagai jalan untuk menyehatkan. Tapi, pisang menyehatkan tak hanya untuk urusan seperti itu. Pisang benar-benar menyehatkan, betul!

Tanpa kita sadari, pisang ternyata dapat mengobati penyakit tekanan darah tinggi, memperkuat dan menstimulasi perkembangan sel lambung, menurunkan kadar kolesterol darah dan melindung jantung, mendukung proses relaksasi otot, dan menangkal serangan radikal bebas yang sebabkan pelbagai penyakit degeneratif. Ada komposisi gizi yang terkandung dalam pisang, yakni terdiri dari energi, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, besi, dan air. Pisang juga mengandung vitamin A, B1, dan C (Latifa Anjarpratiwi, 2009).

Pisang yang biasa kita makan ternyata mengandung banyak manfaat ‘kan? Sudahkah makan pisang? Wallahu a’lam.
HENDRA SUGIANTORO
Aktivis Pena Profetik Yogyakarta

0 komentar: