Sosok Teladan Sosial

Oleh: HENDRA SUGIANTORO
Dimuat di Pustaka SKH KEDAULATAN RAKYAT, Minggu, 16 Juni 2013 
 
Judul Buku: Utsman bin Affan, Si Super Dermawan Penulis: Nor Fadilah Penerbit: DIVA Press, Yogyakarta Cetakan: I,  2013 Tebal: 178 halaman ISBN: 978-602-255-127-0

 

Kehidupan sehari-hari masih menampakkan ketimpangan sosial. Ada sebagian kita yang begitu kaya dengan segala kemewahan. Ada yang pusing tujuh keliling sekadar makan sehari-hari. Sesungguhnya masih banyak yang hidup kekurangan. Di sisi lain, ada sekelompok orang yang terus bermegahan dengan hartanya. Menyaksikan fakta itu, kepedulian sosial perlu senantiasa ditanamkan. Motivasi, inspirasi, dan spirit sosial itu disajikan buku ini dengan meneladani Utsman bin Affan.

Sebagai tokoh sejarah, namanya tak asing lagi. Salah satu sahabat Nabi Muhammad Saw itu dikenal kaya raya dari hasil dagangnya. Namun, bagi beliau, kekayaan bukanlah tujuan, tetapi modal menabur kebajikan dan sarana mencapai kebahagiaan akhirat (hlm. 21-24). Dengan kekayaan harta, beliau tak hidup mewah. Beliau berpakaian apa adanya, makan apa adanya pula. Padahal, kalau mau, beliau bisa saja membeli ribuan unta dan sekian hektar tanah dengan hartanya (hlm. 47).

Empati dan kepedulian sosial beliau justru luar biasa. Beliau sadar ada hak orang lain dalam setiap harta yang dimilikinya. Utsman adalah representasi orang kaya yang peduli sesama. Beliau tidak pernah sedikit pun berpikir untuk menahan hartanya. Bagi beliau, harta adalah titipan Allah Swt yang harus diberikan kepada mereka yang tidak mampu atau yang membutuhkannya (hlm. 81-82).

Dalam hidupnya, Utsman sungguh sangat dermawan. Kisah-kisah kedermawanan Utsman yang tersaji dalam buku ini tentu perlu kita teladani. Buku ini motivasi berharga di tengah krisis kepedulian sosial di tengah masyarakat.(Hendra Sugiantoro).

0 komentar: