Tingkatkan Kualitas Diri

Oleh: HENDRA SUGIANTORO
Dimuat di Bisik MINGGU PAGI

Tahun 2013 telah menggantikan tahun 2012. Sesungguhnya pergantian tahun bukan sekadar perubahan kalender semata. Bagi sebagian kita mungkin telah merumuskan resolusi, mimpi, atau cita-cita pada tahun ini. Itu hal yang positif, sehingga bisa membingkai perjalanan selama setahun pada tujuan yang hendak dicapai. Namun, kita tak memungkiri bahwa ada sebagian dari kita yang menganggap pergantian tahun hanya biasa-biasa saja. Tak ada impian ataupun target khusus yang terencana, kecuali hanya melakoni rutinitas sehari-hari seperti biasanya.

Yang selayaknya kita sadari, perubahan dalam hidup ini adalah sebuah keniscayaan. Pesatnya perkembangan zaman adalah bagian dari perubahan. Kita tak bisa menghindari perubahan itu. Yang bisa kita lakukan adalah bertumbuh meningkatkan kualitas diri dengan cara belajar. Hidup sampai tua, belajar sampai tua. Artinya, kita senantiasa belajar meningkatkan kualitas keilmuan, pengetahuan, wawasan, keterampilan, sikap, perilaku, dan sebagainya. 

Peningkatan kualitas diri itu akhirnya akan berbanding lurus dengan harapan, impian, dan cita-cita kita. Kita tak mungkin dapat meningkatkan produktivitas dan prestasi kerja kalau tak mau belajar meningkatkan kualitas diri di bidang pekerjaan kita. Karir kita takkan beranjak apabila enggan belajar meningkatkan kompetensi diri. Orangtua sulit mendidik anaknya secara baik apabila tak sudi belajar ilmu pendidikan dan psikologi anak. Wartawan pun takkan bisa menerbitkan media massa berkualitas kalau berhenti untuk belajar. Sastrawan juga harus senantiasa belajar agar bisa menganggit karya sastra yang mempesona. Intinya, belajar itu sepanjang hayat, sampai liang lahat.

Tak sekadar menambah ilmu, wawasan, dan pengetahuan, kita juga perlu belajar memperbaiki sikap dan perilaku kita. Kita yang dahulu suka berkata-kata kasar dan rusuh perlu membiasakan diri berkata santun dan lemah lembut. Kita yang berperilaku kurang baik perlu belajar berperilaku dengan mengedepankan etika dan keadaban. Jadi, marilah kita belajar meningkatkan kualitas diri. Salah satu caranya dengan membaca. Bacalah bahan bacaan sesuai bidang pekerjaan kita atau bacaan lainnya yang bermutu. Bacaan terkait pengembangan dan motivasi diri juga perlu dibaca. Kita yang rajin membaca akan memiliki kualitas hidup yang berbeda dibandingkan dengan yang tak suka membaca. Kegiatan pelatihan, kursus, seminar atau kajian keilmuan boleh saja kita ikuti. Tak kalah penting, kita juga perlu meningkatkan kualitas keagamaan kita. Membaca kitab suci atau buku agama bukan urusan kyai/ustadz saja, tetapi siapa pun kita. Untuk meningkatkan kualitas diri, kita bisa melakukan diskusi atau perbincangan untuk menimba pengalaman positif dari orang lain. Perbincangan yang bukan membicarakan kejelekan orang lain, tetapi perbincangan yang membangun dan bermakna bagi hidup.

Intinya, tahun 2013 ini, marilah terus tingkatkan kualitas diri. Kualitas keilmuan, keterampilan, sikap, perilaku, dan lainnya. Kelola waktu kita untuk pengembangan diri menjadi lebih baik. Wallahu a’lam.

0 komentar: