Guru Tidak Hanya Mengajar



Oleh: HENDRA SUGIANTORO
Dimuat di Resensi Buku JATENG POS, Minggu, 16 Desember 2012


Judul Buku: Guru Bukan Tukang Mengajar Penulis: Sudaryanto, S.Pd., M.Hum Penerbit: Pedagogia, Yogyakarta Cetakan: I, 2012 Tebal: vi+210 halaman
           
Keberadaan guru dalam dunia pendidikan memang begitu penting. Secara definitif, guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah (UU No. 14/2005 Tentang Guru dan Dosen Bab I Pasal 1). Namun, disadari atau tidak, selama ini guru cenderung hanya mengajar. Tugas utama seperti mendidik sepertinya cenderung terabaikan. 

Lewat buku ini, Sudaryanto ingin mengingatkan fungsi penting guru yang terlupakan itu. Karena guru lebih sebagai tukang mengajar, pendidikan di sekolah belum mengarahkan siswa pada tindakan yang bersifat reflektif. Padahal, para siswa sangat membutuhkan inspirasi pada sosok gurunya di kelas. Guru yang sekadar melakukan transfer ilmu pengetahuan mengakibatkan lulusan dari bangku pendidikan sekolah tidak bisa terlalu diharapkan menjadi agen perubahan sosial. Guru semestinya menerapkan pola pembelajaran yang bersifat reflektif. 

Dipaparkan penulis buku, pembelajaran yang reflektif tidak sebatas kognitif, tetapi juga menyentuh penentuan sikap dan komitmen dalam melakukan tindakan. Jika pendidikan itu dimaknai rangkaian tindakan para guru, maka guru harus bisa menjadi teladan bagi siswanya, dan terutama tidak sekadar menjadi tukang mengajar. Pasalnya, setiap perilaku guru akan dilihat dan ditiru oleh siswanya. Sesuai dengan petuah Ki Hajar Dewantara, guru harus bersikap ing ngarsa sung tulada, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani. Artinya, guru harus mampu memberi contoh bagi siswanya, mampu menciptakan peluang bagi siswanya untuk berkreasi, dan mampu memberi dorongan bagi siswanya untuk maju dan berkembang sesuai dengan potensi yang dimiliki.

Buku yang berisi kumpulan artikel ini menarik disimak demi mengubah persepsi bahwa guru hanya sebagai tukang mengajar yang tertanam di benak sebagian guru. Padahal, tugas guru juga mendidik, memberikan motivasi, mengaktualisasikan potensi, dan menjadi teladan siswanya. Tak kalah menarik, penulis juga menyampaikan gagasan dan pemikirannya terkait pengembangan budaya membaca dan menulis di kalangan guru.


0 komentar: