Perpustakaan dalam Untaian Kisah

Oleh: HENDRA SUGIANTORO
Dimuat di Pustaka SKH KEDAULATAN RAKYAT, Minggu, 1 Juli 2012



Judul Buku: One Day in A Library Penulis: Ida Mulyani, dkk. Penerbit: LeutikaPrio, Yogyakarta Cetakan: I, April 2012 Tebal: 281 halaman

Perpustakaan menjadi tempat yang tak pernah hilang ditelan zaman. Sejak zaman dahulu, perpustakaan senantiasa ada di berbagai belahan dunia. Bahkan, perpustakaan telah melahirkan sosok manusia-manusia besar. Ilmuwan dan tokoh-tokoh besar dunia pasti memiliki riwayat sebagai pengunjung perpustakaan atau malah mendirikan perpustakaan pribadi.

Bung Karno, misalnya, ketika duduk di bangku sekolah kerap mengunjungi perpustakaan demi bisa melahap buku. Sampai akhirnya Bung Karno dikenal sebagai pembaca dan pengoleksi ratusan buku. Begitu pula Bung Hatta yang tekun membaca, bahkan memiliki perpustakaan pribadi yang diakui sebagai perpustakaan pribadi terbesar di Indonesia. Disadari atau tidak, buku dan perpustakaan memiliki keterikatan dengan manusia-manusia besar yang dilahirkan pada zamannya. Tak hanya tokoh dari Indonesia, tokoh besar dari negara lain juga seolah-olah berkembang pemikiran, wawasan, dan kepribadiannya dengan buku-buku.
 
Buku One Day in A Library ini berisi kisah-kisah yang ditulis oleh puluhan penulis yang menceritakan pengalamannya berhubungan dengan perpustakaan. Begitu banyak pengalaman yang didapatkan, entah itu menyenangkan, kurang menyenangkan, menegangkan, bahkan mungkin menyebalkan. Ada kisah terkait pemakai perpustakaan maupun sang pustakawan. Perpustakaan memang menyimpan berbagai kisah bagi masing-masing diri kita. Dengan membaca kisah dalam buku ini, kita diajak untuk tetap menyadari betapa pentingnya perpustakaan. Nah, seberapa sering kita berkunjung ke perpustakaan setiap pekan?

0 komentar: