Menguatkan Kemauan dalam Diri

Oleh: HENDRA SUGIANTORO

Dimuat di Pustaka SKH KEDAULATAN RAKYAT, Minggu 12 Agustus 2012



Judul Buku: Dahsyatnya Kemauan: Cara Mulia Mengubah Penghalang Jadi Peluang Penulis: Ainy Fauziyah, CPC Penerbit: Zaman, Jakarta Cetakan: I, Juni 2012 Tebal: 204 halaman

Setiap diri kita memiliki impian dan cita-cita. Hidup tentu tak datar-datar aja. Ada hasrat dalam diri kita mewujudkan kebaikan dan kesejahteraan hidup. Namun, dalam hidup ini tak semua bisa dilalui dengan mudah. Buku ini bisa menjadi referensi kita untuk menjalani hidup dengan penuh optimisme dan keyakinan.

Hal yang perlu dipahami, sebelum apapun impian dan cita-cita yang hendak kita wujudkan dalam hidup, kita perlu mengenali dan memahami diri sendiri. Mengenali diri ini penting dilakukan. Dengan jujur, kita harus mengenali kelebihan dan kekurangan kita. Kita harus melihat siapa diri kita sejernih-jernihnya. Dengan begitu, kita bisa mempertahankan setiap kelebihan dan kebaikan yang telah kita miliki. Di sisi lain, kita juga bisa memperbaiki kejelekan pada diri kita. Kita bisa memperbaiki kelemahan diri kita. Meskipun kerapkali dikemukakan, anjuran mengenali diri sendiri belum kita resapi dengan seksama. Kita kerapkali kurang jujur dalam melihat diri sendiri. Mengenali diri sendiri juga berarti memahami potensi dalam diri kita.

Dengan mengenali diri sendiri, kita bisa menjadi diri kita secara asli atau pribadi yang genuine. Tak kalah penting, kita perlu menguatkan kemauan kita. Kemauan adalah daya penggerak untuk tak lelah meraih impian. Impian positif kita bisa terwujud asalkan memiliki kemauan yang kuat. Dengan membaca buku ini, kita menyadari dahsyatnya kemauan. Kita pun diajak untuk meningkatkan kepercayaan diri, berani mengambil keputusan, pantang menyerah dengan setiap permasalahan, fokus pada solusi, berpikir positif dan optimal, serta bersemangat mencapai karier dan kehidupan yang lebih baik. Tegasnya, kemauan menjadi salah satu kunci untuk melenggang menggapai impian dengan girang.

0 komentar: