Mendidik Anak Cerdas Finansial

Oleh: HENDRA SUGIANTORO
Dimuat di Pustaka SKH KEDAULATAN RAKYAT, Minggu 23 September 2012



Judul Buku: Financial Parenting Penulis: Seto Mulyadi&Lutfi Trizki Penerbit: Noura Books, Jakarta Cetakan: I,  Agustus 2012 Tebal: 184 halaman


Mendidik anak adalah upaya orangtua untuk menyiapkan anaknya mencapai kehidupan yang lebih baik di masa depan. Buku ini layak menjadi referensi bagi orangtua untuk mendidik anak cerdas secara finansial.

Dalam mendidik itu, anak tentu tak sekadar diberi uang untuk mencukupi kebutuhannya. Orangtua juga tak sekadar berkata tidak ada uang apabila anak menginginkan sesuatu untuk dibeli. Memberi uang saku kepada anak adalah wajar. Orangtua boleh saja meminta anaknya berbelanja dan mengembalikan uang kembaliannya. Namun, pengertian tentang makna uang selayaknya diajarkan orangtua sejak dini. Mengajarkan anak tentang uang secara benar bukan sekadar menyuruh anak menabung atau berhemat. Anak juga perlu diajarkan cara yang tepat dalam mengatur keuangannya. 

Hal yang tak boleh dialpakan, penulis buku menekankan kepada orangtua untuk mampu memberikan keteladanan dalam mengelola keuangan. Orangtua yang mampu mengelola keuangannya secara baik akan memberikan contoh positif bagi anak. Bagaimana pun, anak akan bercermin pada orangtuanya. Buku ini pastinya menarik dibaca. Penulis buku berbagi pengetahuan dan wawasan sekaligus metode mendidik anak agar memiliki kecerdasan finansial. Anak yang jujur, disiplin, dan bertanggung jawab dengan uangnya merupakan dambaan setiap orangtua.
 

0 komentar: