Guru Kunci Sukses Pendidikan

Oleh: HENDRA SUGIANTORO
Dimuat di Pustaka SKH KEDAULATAN RAKYAT, Minggu, 10 Maret 2013 

 

Judul Buku: Guru: Kunci Pendidikan Nasional Penulis:
Penulis: Prof. Dr. Buchory, M.S., M.Pd. Penerbit: LeutikaPrio, Yogyakarta Cetakan  : I, 2012 Tebal: 253 halaman 
 
Dunia pendidikan tak terlepas dari sosok guru. Peran dan fungsi guru amat sangat penting. Guru tak sekadar mengajar ketika berada di kelas, namun juga membimbing, mendidik, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Bayangkan terkait tugas-tugas itu. Tak mungkin peserta didik hanya diberi materi pelajaran tanpa upaya guru menilai dan mengevaluasi. Proses pendidikan perlu terarah, terukur, dan bertujuan jelas.  
 
Di sisi lain, guru juga perlu mendidik. Keteladanan dan penanaman nilai-nilai menjadi unsur penting agar peserta didik tumbuh dengan kepribadian dan karakter yang baik. Bayangkan pula betapa tak ringannya tugas tersebut. Seberat apapun tugas guru, guru tetap dituntut totalitasnya demi berjalan lancarnya penyelenggaraan pendidikan formal. Buku ini menarik untuk disimak dengan garis-garis besar terfokus pada guru. Tak sekadar pemahaman, tetapi juga penyadaran bagi guru sendiri maupun sivitas pendidikan lainnya bahwa guru harus benar-benar optimal dan maksimal bekerja.Kalau pada tahun 2013, rencananya akan dilakukan modifikasi kurikulum, ingat pula pernyataan Fuad Hasan. Mantan Mendikbud RI itu berkata, “Sebaik apapun kurikulum jika tidak didukung guru yang berkualitas maka semua akan sia-sia”. Jadi, benar pemaparan penulis buku ini bahwa guru berperan strategis. Bukan hanya demi keberhasilan proses pendidikan di sekolah, tetapi juga pendidikan dalam skala nasional. Pengembangan kualitas guru niscaya diperhatikan Guru pun harus termotivasi meningkatkan kapasitas dirinya. 

Dilengkapi dengan Peraturan Pemerintah No. 74/2008 Tentang Guru, buku ini menjadi referensi penting bagi mahasiswa calon guru, para guru, para tenaga kependidikan, para pemerhati pendidikan, dan stakeholders pendidikan, serta siapa saja yang peduli terhadap upaya pengembangan kualitas guru.(HENDRA SUGIANTORO).
 

0 komentar: